Tuesday, November 20, 2012

LEADERSHIP - CONFLICT


Seorang Leadership atau pemimpin tidak akan pernah lepas dari yang namanya konflik dalam organisasi atau perusahaan yang sedang dipimpinya. Kelompok kami akan mendeskripsikan tentang makna poster yang terdapat di atas. Mengapa kami memilih gambar pohon kelapa? Menurut kami, pohon kelapa merupakan pohon yang kuat. Walaupun diterpa angin kencang, pohon kelapa tersebut tetap kuat berdiri. Seandainya pohon kelapa jatuh, maka pohon itu dapat merugikan lingkungan sekitarnya. Pohon kelapa yang roboh akan menimpa rumah-rumah di sekitarnya. Selain kekuatan, pohon kelapa juga memiliki banyak kegunaan mulai dari daun, buah, hingga akarnya. Semua bagian dari pohon kelapa dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pada poster kami, pohon kelapa digambarkan sebagai seorang pemimpin pada perusahaan. Perkotaan di bawah pohon kelapa adalah gambaran dari bawahan pemimpin. Bangunan tinggi menggambarkan jabatan yang tinggi dan bangunan yang tidak tinggi menggambarkan kedudukan yang lebih rendah. Jika pemimpin tidak dapat berdiri kokoh maka akan menimpa dan merugikan bawahannya. Maka
"Be Stong As Coconut Tree", jadilah seorang pemimpin yang kokoh dan kuat seperti pohon kelapa. Selain itu, jadilah juga pemimpin yang berguna untuk perusahaan.

“Higher position : more problem”
Maksud dari quote tersebut adalah seorang pemimpin memiliki kedudukan yang paling tinggi. Sebagai seorang pemimpin harus siap menghadapi berbagai macam konflik dan masalah yang akan menghadang perusahaannya.Semakin tinggi jabatan yang kita duduki,semakin besar pula masalah yang akan menghadang kita.Meskipun berbagai macam masalah datang untuk menghadang, pemimpin harus memerintah bawahannya untuk tidak mudah goyah dan tetap berpegang teguh pada pendiriannya. Seorang pemimpin tidak boleh gampang terpancing terhadap situasi yang sedang terjadi menimpa perusahaanya. Seorang pemimpin harus mencari akar permasalahan yang sedang menimpa perusahaanya. Jika ada masalah yang ternyata dapat mengakibatkan perusahaan itu jatuh atau turun performanya, maka segera seorang pemimpin harus mengambil tindakan untuk menyelesaiakan masalah itu dengan tegas. Jika tidak diambil langkah tegas, maka akan berdampak buruk pada perusahaan tersebut.


Pada bagian bawah terdapat bayangan dari kota-kota besar, namun bayangan tersebut berbeda dengan bayangan kota-kota besar. Bayangan tersebut menggambarkan dari kota tanpa pohon kelapa atau pemimpin. Tanpa adanya pohon kelapa atau pemimpin, perusahaan tersebut tidak akan berkembang karena tidak ada sosok seorang leader yang menahkodai "Kapal Besar" (Perusahaan) tersebut, terlebih perusahaan yang tidak ada seorang leadership nya tersebut adalah perusahaan formal.


Sekian deskripsi dari kelompok kami. Terima kasih.

-- Semoga Bermanfaat --


No comments:

Post a Comment