Friday, February 12, 2016

SAP Business One Introduction

Definition

SAP (System Application and Product in data processing) merupakan software berbasis ERP (Enterprise Resource Planning) yang diciptakan untuk memberikan akses informasi yang realtime meliputi sistem financial, manufacture, CRM, HR, dan lainnya yang mendukung peningkatan kualitas management perusahaan. SAP merilis beberapa macam Business Solutions untuk mengcover berbagai jenis perusahaan dan tingkatan mulai dari Small Business, Mid-sized Enterprises, hingga Large Enterprises.

SAP Business One merupakan business solution untuk kelas small business yang memberikan the complete, out of the box solution dan dapat diimplementasikan dalam waktu yang relatif singkat. SAP Business One dengan fitur-fitur yang disajikan sangat tepat digunakan oleh perusahaan yang tidak membutuhkan banyak customisasi system.

SAP Business One – Integration










Master Data

Fungsi dari area master data ini adalah untuk mengelolah semua master data yang berhubungan dengan semua transaksi yang ada di dalam SAP Business One, missal master data vendor, customer, dan leads. Leads adalah calon customer (retail/corporate) yang terlihat memiliki peluang untuk menjadi real customer.

Purchasing

Area yang memproses pencarian sumber dan pemesanan barang atau jasa untuk membantu memenuhi kebutuhan produksi dalam kegiatan prosuksinya dan juga membantu kebutuhan sales dalam kegiatan penjualan.

Inbound Logistic

Area yang mengurusi penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.

Warehouse Management

Warehouse atau pergudangan merupakan area yang berfungsi menyimpan barang untuk produksi  atau hasil produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan.

Production

Merupakan proses produksi bahan - bahan yang kita miliki untuk menjadi barang jadi yang siap untuk dijual untuk memenuhi kebutuhan bagian sales. Proses ini akan kita jumpai pada perusahaan manufacture

Outbound Logistic

Area yang menangani aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk jadi ke para pelanggan. Sebagai contoh, mengirimkan mobil yang sudah jadi melalui jasa pelayaran ke para dealer mobil, adalah aktivitas outbound logistics.

Marketing & Sales

Area yang menangani proses marketing and sales. Area ini langsung berhadapan dengan customer

Service

Jika perusahaannya penyedia layanan dukungan kepada pelanggan, kita dapat mengatur semua kegiatan yang berkaitan dengan layanan menggunakan modul ini. Sebagai contohnya yaitu Mengelola interaksi antara petugas layanan dan pelanggan, memelihara informasi pada kontrak layanan, barang, dan nomor seri serta keluhan pelanggan dan pertanyaan.  

Financial Controlling (FICO)

Dari semua proses diatas, akan berhubungan dengan bagian finance yang nantinya akan memberikan laporan keuangan. Jika proses diatasnya kacau maka hasil dari laporan keuangan dapat dipastikan kacau. Oleh karena itu setiap bagian atau divisi harus ada komunikasi yang baik, agar sistem dapat terintegrasi dengan baik dan dapat menghasilkan laporan yang akurat.


SAP Business One Modules

Berikut modul – modul yang terdapat pada SAP Business One

Administration

Menu yang berfungsi untuk System setup, Currency exchange Rate, Authorization, Warning dan fungsi untuk export import data. 

Financial

Memanage semua data akunting dan Account, general ledger, dan laporan keuangan. Sebagai tambahan SAP Business One memiliki fungsi untuk mengontrol budget dan profit untuk mendapatkan pendapatan dan biaya.

Sales Opportunities

Membantu bagian penjualan untuk memanage peluang dan menganalisa informasi data penjualan.

Sales A/R

Menghandle semua aspek proses penjualan, mulai dari Pesanan penjualan, Pengiriman, invoice hingga retur

Purchasing A/P

Memanage semua transaksi vendor/ Supplier. Berisi tentang proses pembelian barang hingga ke invoice. Di module ini juga memilki fitur tambahan untuk menambahkan harga pokok dari biaya angkut dan fungsi lainnya

Business Partner

Menyimpan data master untuk semua Supllier, Pelanggan, dan calon pelanggan (lead).

Banking

Menghandlle secara penuh semua transaksi yang berurusan dengan keuangan. Seperti Incoming Payment, Outgoing Payment, Dan Deposit

Inventory

Management stock yang ada di gudang, list harga (price List), harga special, alternatif item, transaksi gudang, seperti Proses pengepakan yang menggunakan Batch dan Serial number.

Production

Menghandle komponen - komponen produksi, proses produksinya hingga penerimaan hasil jadinya.

MRP (Material Requirement Planning)

Memanage semua kebutuhan material di dalam proses manufaktur/produksi

Service

Jika perusahaannya penyedia layanan dukungan kepada pelanggan, kita dapat mengatur semua kegiatan yang berkaitan dengan layanan menggunakan modul ini. Sebagai contohnya yaitu Mengelola interaksi antara petugas layanan dan pelanggan, memelihara informasi pada kontrak layanan, barang, dan nomor seri serta keluhan pelanggan dan pertanyaan.

Human Resources

Memuat informasi karyawan dalam perusahaan dan meningkatkan kemampuan dari masing-masing Staff

Why SAP Business One?

No comments:

Post a Comment